Sabtu, 08 Juni 2019

Sistem Sirkulasi Pompa Bensin Fuel Dispenser

Mesin Pom Mini dirakit untuk memudahkan para penjual dalam melayani pembelian bensin eceran secara praktis, efektif, dan efisien. Sistem instalasi pada perakitan unit mesin pertamini digital terdiri dari sekumpulan komponen elektronik dan juga mekanikal sistem pompa bensin yang terletak di bawah mesin. Secara umum model sistem yang digunakan dalam perakitan pom mini digital itu terdiri dari 3 macam yaitu : 1). Type fuel dispenser standar SPBU. 2). Medium System Assembling Fuel Dispenser. dan 3). Sistem rakitan pom mini digital biasa.

Perbedaan dari model system pom mini digital rakitan ini sesungguhnya terletak pada sistem sirkulasi alur pompa bensin yang digunakan. Yang paling mudah dan banyak digunakan oleh para perakit pom mini digital itu standar biasa dimana pompa bensin tersebut dihisap dan dialirkan langsung ke flow sensor penghitung literan. Adapun model sistem sirkulasi standar SPBU Pertamini baik itu Tatsuno, Tokheim type maupun Gilbarco atau produk China seperti Fuel Dispenser merk Hongyang seluruh rangkaian sirkulasi pompa full Built Up pabrikan.

Kali ini Citra Karya Teknik akan menyampaikan berbagai contoh model sistem sirkulasi pompa bensin dari yang rumit hingga yang paling sederhana. Dengan mengetahui secara jelas foto dan gambar model sirkulasi dapat dijadikan acuan untuk merakit sendiri dan dicoba digunakan.

Tatsuno Gear Pump Fuel Dispenser
Model sirkulasi pompa bensin fuel dispenser ini diberi nama model Tatsuno Type yang pada umumnya dipakai di SPBU Pertamina. Pompa bensin terdiri dari 2 part yaitu pump dan Gear yang dihubungkan dengan tali karet. Keunggulan dari model ini memang tidak diragukan lagi, namun harga jual mesin fuel dispenser petrol dengan sistem sisrkulasi pastinya fantastis mengingat part yang tidak banyak tersedia alias langka.

Contoh Model Sirkulasi Pompa Bensin Pom Mini Rakitan
Fuel dispenser dengan pompa tanpa gear seperti terlihat di bawah ini merupakan penyederhanaan dari sistem type fuel dispenser pertol buatan pabrik. Dengan menggunakan sistem sirkulasi aliran bensin ini harga jual mesin pastinya jauh lebih murah dan terjangkau untuk para penjual bensin eceran. Perbedaan yang terlihat jelas seperti pada foto berikut bahwa aliran bensin dialirkan melalui pipa galvanis dan juga selang standar 3/4.
Ada juga model pom mini yang tanpa menggunakan sirkulasi pada pompa yaitu aliran bensin langsung terhubung ke sensor penghitung. Hal itu sebetulnya tidak begitu besar mempengaruhi pada kerusakan pompa, namun kinerja pompa yang berat dapat mengakibatkan aus dan semburan cairan tidak rata dihitung dan hasil kalibrasi pun terkadang berubah-rubah.

Gambar Sistem Sirkulasi Pom Mini Digital
Berikut ini merupakan contoh model sistem sirkulasi pompa pom mini yang paling sederhana dan terbukti hasil akurat dan mesin awet terjaga. Kinerja mesin dengan menggunakan sistem sirkulasi model ini paling tidak memiliki 2 keuntungan :
  1. Beban kerja pompa tidak begitu berat saat noozle ditahan. Fungsi selenoid menghentikan aliran juga tidak terlalu besar tertekan.
  2. Begitu Noozel dibuka sensor langsung menghitung aliran bensin yang mengalir tanpa ada angin palsu sehingga hasil lebih pas dan pelanggan / pembeli bensin pun puas.

Kami menyampaikan rangkaian sirkulasi pompa bensin ini untuk dapat dijadikan referensi untuk siapa saja yang mau belajar merakit sendiri dan juga memberikan gambaran kepada siapa saja yang akan order pembelian mesin di tempat kami terkait pilihan yang akan dipesan. Lebih jelas mengenai bagaimana sirkulasi sistem pom mini dapat ditanyakan pada kontak di nomor di bawah website pom mini yang sedang anda baca ini. Semoga bermanfaat.

Anda dapat melihat juga info yang banyak dicari mengenai :
1. Harga pom mini.
2. Paket Harga Pom Mini.
Dll
Load disqus comments

0 komentar