Jumat, 21 Agustus 2020

Antara Pom Mini Spek Flow Sensor dan Asymeter

Para perakit mesin pom mini baik itu spek flow sensor dan Asymeter masing-masing mengunggulkan produknya. Padahal bila kita melihat dari kacamata yang objektif memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Uraian kali ini akan memperbincangkan mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua mesin spek tersebut.

Produsen perakitan mesin pertamini atau pom mini digital pada umumnya membuat khas mesin dengan unggulan satu spek saja. Padahal bila demand atau permintaan pasar harusnya disesuaikan dengan kondisi dimana area lokasi mesin itu akan digunakan. Misalnya, bila mesin pom mini itu sering dipakai melayani pembeli kendaraan roda empat dimana setiap kali pengisian BBM di atas 5 liter, maka menggunakan mesin pom mini spek flow sangat tidak cocok keakuratannya.

Namun daripada itu bila semua pelaku bisnis bensin eceran digeneralisir diarahkan untuk menggunakan Pom Mini spek Asymeter yang harganya lebih tinggi dari spek flow, itu tidak fear pula. Karena selain modal usaha itu lebih lama untuk kembali, cost biaya sehari-hari dalam hal ini daya listrik yang dikeluarkan pun lebih tinggi atau dalam kata lain kurang ekonomis. Intinya kedua spesifikasi rangkaian pom mini dengan kelebihan dan kekurangannya harus disesuaikan dengan kondisi tempat berjualan.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Pom Mini / Pertamini Digital Spek Flow Sensor
Mesin Pom Mini spek Flow Sensor itu artinya rangkaian instalasi perakitannya menggunakan alat takar liquid flow meter dengan baling-baling kecil di dalam alat sensor tersebut. Kelebihan dari perakitan mesin model flow sensor ini sangat simple dan mudah sekali. Sehingga tak heran banyak perakit / produsen pom mini menawarkan spek ini dengan harga cukup rendah. Pom Mini spek flow sensor ini hanya bisa dirakit dengan pompa sentripugal DAB 125watt atau yang lebih kecil dari itu sperti fuel pump rotax 12volt. Kelebihan pom mini model pompa rotax DC itu sangat hemat listrik dan bahkan instalasi rangkaian dengan UPS lebih lama bisa digunakan saat listrik mati lampu.

Kekurangan dari mesin pom mini bahan api bensin model flow sensor terletak pada takaran yang mungkin bisa melenceng di pengisian lebih dari 5 liter dalam satu kali pengisian BBM ke dalam tangka kendaraan. Penyebab utamanya karena pada umumnya jenis rangkaian ini tidak menggunakan solenoid system (penyetabil aliran cairan) saat pengisian. Operator yang menggunakan mesin pom mini spek flow sensor setiap kali / disarankan sering untuk selalu mengecek keakuratan takaran atau kalibrasi per 1 - 3 liter agar stabil dan tingkat kepercayaan pelanggan senantiasa meningkat.

Para sales penjualan mesin pom mini spek flow ini semestinya menyarankan kepada customer pengguna mesin yang akan berjualan di tempat yang banyak pembelinya kendaraan roda dua alias motor. Dan untuk daerah tertentu yang pasokan listriknya terbatas sangat disarankan untuk menggunakan pompa rotax yang lebih rendah daya listriknya. Kekurangan dari pom mini yang menggunakan pompa diesel rotax denso DC 12volt itu tekanan hisap dan dorongnya kecil bila dibandingkan dengan pompa sentripugal AC. Oleh sebab itulah maka customer sebaiknya diberi pilihan spek mesin pom mini yang sesuai atau cocok di kondisi tempat berjualannya.
Inilah diantara galeri foto koleksi pom mini spek flow sensor dengan model portable 1, 2 dan 3 nozzle.
Harga jual mesin pom mini spek flow sensor sebagai berikut :
Harga pom mini flow sensor 1 nozzel Rp.7.5 Juta
Harga pom mini flow sensor 1 nozle Rp.12 Jt
Harga pom mini flow sensor 3 nozzle Rp. 17 Juta
Nb. Belum termasuk ongkir sampai tempat. Harga pom mini model portable maupun tanam itu sama saja.

Kelebihan dan Kekurang Mesin Pom Mini Digital Spek Asymeter
Pom Mini Digital Spek Asymeter ini artinya menggunakan alat takar yang ter standar di SPBU yaitu Asy Meter dimana akurasi takarannya bisa terjamin dan dapat ditera oleh badan Metrologi yang berwenang. Pertamini dengan spesifikasi Asymeter hanya bisa digunakan untuk pompa dengan daya di atas 370 watt atau gear pump di atas 500watt. Artinya setingkat bisnis kecil menggunakan daya besar itu bila tidak seimbang dengan pembeli bahan bakar di setiap harinya, maka ongkos daya listrik setiap bulannya lebih tinggi.

Kelebihan mesin pompa bensin dengan Asymeter ini pada keakuratan takarannya. Baik itu dalam satuan literan kecil maupun pengisian BBM dalam jumlah banyak dengan beberapa kalibrasi system perhitungan. Kelemahan dari rangkaian ini selain harganya lebih tinggi daripada spek flow sensor, juga proses perakitannya yang membutuhkan proses yang lebih hati-hati agar terhindar dari kebocoran.

Sales penjualan mesin pom mini untuk spesifikasi Asymeter sebaiknya ditujukan kepada perseorangan atau industry untuk menghitung keakuratan yang lebih tepat untuk kendaraan roda 4 atau lebih dengan tangki besar. Kondisi daya listrik untuk menjalankan mesin ini harus dipastikan stabil dengan minimal 2 paket daya atau sekitar 900 watt.
Harga jual mesin pom mini spek Asymeter ini sebagai berikut :
Harga pom mini spek Asymeter 1 Nozzle Rp. 23 juta
Harga pom mini spek Asymeter 2 Nozzle Rp. 33 juta
Harga pom mini spek Asymeter 3 Nozzle Rp. 45 juta
Nb. Belum termasuk ongkir sampai tempat. Harga pom mini model portable maupun tanam itu sama saja.

Demikian yang saya sampaikan dalam uraian antara mesin pom mini spek Flow sensor dan Asymeter sebagai bahan referensi kepada anda baik para sales penjualan maupun pemakai alat pompa bensin pom mini atau Pertamini. Semoga dengan tulisan ini memberikan sedikit pencerahan dalam hal memilih mesin yang tepat digunakan untuk bisnis berjualan bensin eceran. Mudah-mudahan bermanfaat. Amin
Load disqus comments

0 komentar