Kamis, 02 Mei 2019

Peluang Usaha Bisnis SPBU Mini

BBM Bahan Bakar Minyak sudah menjadi kebutuhan primer untuk sebuah kendaraan bertenaga bensin jenis premium, pertamax, pertalite ataupun solar. Stasiun pengisian bahan bakar Pertamina tidak selalu cukup dalam melayani pembelian bensin dan bahkan di waktu serentak terutama pagi hari antrian panjang di SPBU menjadi pemandangan yang sudah biasa. Fenomena seperti ini menjadi peluang usaha bagi beberapa orang membuka bisnis penjualan bahan bakar berbentuk SPBU Mini dengan mengggunakan mesin Pom Mini Digital.

Selama kendaraan masih ada memiliki SPBU Pertamini tentu tidak akan rugi karena transportasi tidak akan berjalan bila pasokan BBM terkendala dalam distribusinya. Sebab itu tempat penjualan warung bensin menjadi kebutuhan yang tidak boleh tidak harus ada di setiap tempat, terutama di wilayah yang jauh dari SPBU Pertamina. Persyaratan bisnis menjadi pengusaha penjualan bensin eceran sesungguhnya tidak seperti memiliki SPBU Pertamina sebab tidak harus mengurusi dokumen DO Pertamina dan perijian dari BPH Migas atau Badan Metrologi.

Modal Membuka SPBU Mini

Membuka SPBU Mini tidak harus mempunyai modal besar, karena berjualan bensin dengan mesin pom mini ini sama halnya dengan para penjual bensin eceran pinggir jalan yang menggunakan botol literan. Modal paling utama dalam membuka usaha ini adalah tempat dan mesin pertamini digital, selain itu desain ekterior penarik minat pelanggan. Perusahaan Citra Karya telah menjadi mitra di daerah dalam hal pembangunan SPBU Pom Mini di beberapa wilayah provinsi di Indonesia.

Budget anggaran yang perlu dipersiapkan dalam perencanaan pembangunan SPBU mini Pom Mini antara lain adalah sebagai berikut :
  • Lokasi tempat yang strategis banyak dilalui kendaraan bermotor, radius jauh dari SPBU Pertamina itu lebih bagus.
  • Legalitas usaha dari wilayah setempat perlu dilakukan, dari RT, RW atau surat izin usaha dari kelurahan.
  • Mesin pom mini digital yang bisa dipesan dari pusat produksi mesin pom mini digital yang mempunyai ahli teknisi yang kompeten.
  • Manajemen pengelolaan atau operator harian yang juga dapat menjadi teknisi ketika ada kendala.
  • Advertising atau desain periklanan agar tempat berjualan di SPBU Mini ini menarik banyak orang mengisi bensin di tempat tersebut. Seperti banner, display tulisan, dan sarana lain yang dapat ditawarkan.

Estimasi Keuntungan Bisnis SPBU Mini

Hasil yang diperoleh dari mesin uang SPBU Mini sangat tergantung dari modal yang dikeluarkan. Mesin pom mini digital dirakit khusus seperti SPBU biasa dengan harga jual per liter dapat disetel disesuaikan dengan harga pembelian. Bila saja per liter setiap jenis bensin mengambil margin keuntungan Rp.1000,- dan penjualan per hari sebanyak 500 liter, maka keuntungan bruto mencapai Rp.500.000,- per hari.

Keuntungan kotor dari 500 liter itu membutuhkan modal awal pembelian bensin 500 liter x 7800 untuk pertalite, yaitu Rp. 3.900.000,-. Sementara akumulasi keuntungan kotor bulanan diperkirakan Rp. 15.000.000,- untuk setiap jenis bensin yang dijual.

Desain Model SPBU Mini

Kontruksi bangunan fisik SPBU Mini sangat menentukan larisnya penjualan bensin eceran di tempat tersebut. Tetapi sebelum menuju bangunan megah nan kokoh disarankan dengan warung bensin sederhana saja dengan mesin pom mini digital yang handal. Bila telah benar-benar terlihat peningkatan respon penjualan maka spekulasi selanjutnya dapat segera dilakukan dengan membuat desain seperti terlihat pada contoh gambar foto SPBU Pom Mini di bawah.
Demikian ulasan kami tentang peluang menjadi pengusaha SPBU Mini atau prospek membuka agen warung bensin. Semoga menjadi tips usaha kreatif dan meningkatkan tingkat pendapatan bisnis anda.
Load disqus comments

0 komentar