Jumat, 06 Desember 2019

Pertashop Warung Kios Bensin Agen Resmi PT Pertamina

Salah satu diantara peluang usaha yang menjanjikan berjualan barang yang sifatnya konsumtif setiap hari. Bahan Bakar Minyak berupa bensin sangat diperlukan sepanjang waktu oleh para pengendara dan ini adalah kesempatan besar bagi siapa saja memiliki SPBU Pertamina. Pemerintah saat ini bekerjasama dengan perusahaan BUMN PT. Pertamina telah menawarkan sebuah program untuk masyarakat bernama PERTASHOP sarana berjualan BBM Kios bensin eceran berbentuk mini.

Bangunan Pertashop itu tidak semegah SPBU biasa yang besar dan mentereng. Lokal tempat di tempat sempit asal tempat strategis dilalui banyak kendaraan berukuran minimal 4 meter x 5 meter saja sudah cukup syarat membuka usaha Pertashop ini. Layanan penjualan di tempat tersebut juga bukan hanya menjual bensin Pertalite yang dipasok langsung dari Pertamina saja, melainkan melayani pula service berkala kendaraan ganti oli dan jual gas produk Pertamina lainnya.

Keberadaan Pertashop yang saat sekarang masih dalam tahap uji cobi dipantau oleh badan terkait seperti BPH Migas dan tentunya Kementrian Sumber Daya Alam dan Mineral. Bila dengan adanya program Pertashop Pertamina ini membantu masyarakat dalam hal distribusi BBM dan menguntungkan berbagai pihak tentu akan segera disosialisasikan ke daerah pelosok di Indonesia.

Harga jual bahan bakar bensin jenis Pertalite di Pertashop itu satu harga alias sama di SPBU biasanya, karena sistem pasokan langsung dari Pertamina. Di Jawa Barat harga jual Pertalite di Pertashop Rp. 8.750 per liter dan pembelian pemilik ke PT. Pertamina Rp. 7.950,- / liternya. Margin keuntungan dari satu liter di Pertashop sekitar Rp.800 rupiah saja.

Persaingan Pertashop Vs Pertamini

Kompetisi bisnis jualan bensin eceran antara kios Pertashop dengan Pertamini itu bisa jadi saling mendukung dan juga bisa saja menjadi kompetisi yang kurang sehat. Hal ini pastinya akan menjadi pertimbangan dalam hal uji coba pertashop milik Yayasan atau Bumdes di beberapa daerah di Jawa Barat. Namun sebagai mana diketahui bersama mesin Pertamini atau Pom Mini telah tersebar luas di nusantara ini yang diantara mereka akan merasa Pertashop Pertamina akan menjual bensin lebih murah berasumsi mungkin akan menjadi ancaman bila ada di dekatnya.

Uji coba Pertashop yang sudah beroperasi ini diantaranya yang diurus oleh BUMDES Nanjung Jaya Ds. Nangerang Kec. Cigalontang Kab. Tasikmalaya. Kemudian Pertashop yang dimiliki Pondok Pesantren Darul Arqom beralamat di Jl. Godog Karamat Kp. Caringin Ds. Lebak Jaya Kec. Karang Pawitan Kab. Garut.

Sesungguhnya di Jawa Barat sudah dibuka di 26 tempat yaitu 21 Penyalur di Sukabumi 1 unit di Garut, 2 tempat di Tasikmalaya, serta ada 2 Pertashop di Kabupaten Ciamis. Sementara itu Pertashop di Jawa Tengah hanya 1 yakni di Kab. Pati dan di wilayah Jawa Timur ada 3 unit Pertashop yang sudah berjualan bensin yakni di kota Sidoarjo, Tuban, dan di Gresik.

Tawaran Usaha Pertashop Belum Begitu Diminati

Walaupun keuntungan Pertashop sebagai penyalur resmi produk PT. Pertamina ini begitu menjanjikan, namun karena modal besar sekitar 100-300 juta dan syarat perlu tempat agak besar. Maka masyarakat masih memilih membuka usaha SPBU mini model Pertamini atau Pom Mini biasa yang lebih ringan biayanya, toh omzet pendapatan penjualan itu tergantung lokasi daerah tempat berjualan.
Presiden RI Joko Widodo mengunjungi pameran BUMDES yang memajang mesin Pertashop di Garut Jawa Barat di tahun 2019.

Skema Bisnis Pertashop

Beginilah Skema Bisnis Pertashop yang telah diumumkan oleh Pertamina kepada siapa saja yang ingin membuka usaha distributor resmi produk Pertamina Persero di daerah. Seperti yang terlihat pada gambar alur skema di atas hanya dijual satu jenis BBM saja yaitu Pertalite Ron 90. Pasokan bensin pun dibatasi per pengiriman ada 3 pilihan tergantung budget 1.000 liter, 3.000 liter dan 5.000 liter. Oli yang dijual Brigh Olimart produk resmi Pertamina dan barang-barang lainnya.

Demikian penjelasan kami mengenai Pertashop warung kios bensin distributor resmi Pertamina sebagai tips usaha untuk anda. Namun melalui informasi ini kami hanya melayani penjualan dan service mesin pom mini atau Pertamini digital saja. Semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar