Rabu, 16 Oktober 2019

Prospek Usaha Buka Kios SPBU Pom Bensin Mini

Menjamurnya warung kios SPBU Pom Bensin di pelosok kecamatan dan desa dengan beragam model dari yang manual hingga digital merupakan fakta yang tidak terbantahkan. Usaha Pom Bensin Mini tersebut sangat membantu pihak Pertamina dalam proses distribusi Bahan Bakar Minyak hingga ke pengguna tanpa harus antri panjang di Pom Bensin. Selain itu pula dengan adanya warung Pertamini tersebut meningkatkan ekonomi kios kecil yang berlokasi di tempat yang strategis.

Proses perkembangan produksi pom mini saat ini terus mengalami inovasi dari yang sederhana hingga teknologi mutakhir. Pada awalnya alat bantu usaha berjualan bensin eceran ini menggunakan model Pertamini Tabung Manual dengan gelas ukur yang transparan. Hingga trend di pasaran para pemilik kios bensin eceran sekarang lebih memilih type pom mini digital yang praktis dengan fitur-fitur program lebih lengkap.

Berjualan bensin dengan mesin pom mini memang sangat prospektif. Keuntungan yang dapat diraih dengan usaha tersebut memang sangat menggiurkan, karena barang yang dijual merupakan BBM yang sangat diperlukan setiap hari. Dengan mengambil margin keuntungan 1/10 saja dari satu liter maka secara mudah dapat menghitung laba untung dari usaha tersebut.

Perangkat mesin pom mini saat ini terus mengalami perkembangan hingga benar-benar Pertamini mirip dengan mesin di SPBU Pom Bensin Pertamina. Peralatan pada mesin seperti Nozzle, Selang, Display, Casing, CPU Program dan fitur lain juga peralatan penunjang dirancang khusus sama dengan SPBU. Daya tarik dari tampilan muka mesin pompa bensin mini ini menarik minat penjualan bensin.

Eksistensi mesin pompa bensin mini di masyarakat sedikitnya membantu Pertamina dalam hal penyaluran Bensin. Namun memang itu bukanlah buatan Pertamina, tetapi hanya merupakan inisiatif kreatif para pebisnis kecil untuk membantu dalam hal membuka warung kios bensin SPBU Mini dengan mesin yang cara kerjanya seperti di SPBU merk Gilbarco, Tatsuno, atau Tokheim.

Kebutuhan Masyarakat Akan BBM Semakin Meningkat
Inilah sebab utama mengapa prospek buka kios warung bensin ini ternyata menguntungkan. Semakin tingginya volume kendaraan maka secara otomatis kebutuhan akan bahan bakarnya pun meningkat. Pemilik kios bensin eceran dengan mesin pom mini membeli bensin dari SPBU dengan menggunakan jerigen dengan harga per liter seperti biasanya. Lalu kemudian setelah dimasukkan ke tangki drum pom mini distel harga jual dengan mengambil untung rata-rata per liter Rp.1000 rupiah saja.

Langkah memulai buka warung bensin eceran
Agar usaha ini sesuai dengan perkiraan dan juga perencanaan maka diperlukan persiapan khusus yang perlu dipertimbangkan. Langkah ini untuk menghindari penyesalan dalam hal bisnis. Apa yang perlu dipertimbangkan dalam memulai usaha buka kios Pertamini? Inilah dia?
1. Apakah tempat anda itu strategis untuk berjualan bensin?
2. Fasilitas kenyamanan parkir kendaraan.
3. Tampilan luar tempat yang menarik dapat terlihat dari kejauhan
4. Kualitas mesin dan fitur pendukung
5. Keramahan operator mesin pom mini dan pelayanan
6. Kelengkapan Izin Usaha Berjualan Bensin Eceran dari wilayah setempat

Persiapan matang dalam membuka usaha warung bensin eceran tidak akan mengalami kerugian. Bila saja pembelian mesin pom mini 1 nozzle dengan 1 produk itu 8 juta dan penjualan sampai 200 liter per hari maka kalkulasi untuk satu hari bisa mencapai Rp.200.000,-. Dalam sebulan bisa mencapai Rp.6 juta. Maka kembali modal dari pembelian mesin bisa kurang dari 2 bulan saja.

Kerjasama Pertamina dengan Bumdes
Program pemerintah melalui lembaga Pertamina bekerjasama dengan BUMDES di seluruh Indonesia dalam hal distribusi Bensin Pertamax akan segera diluncurkan di 77 ribu SPBU Mini di seluruh Indonesia. Badan Usama Milik Desa punya peranan dalam hal ini terutama di daerah pelosok yang susah terjangkau oleh SPBU Pertamina.

Mesin Pertashop Pom Mini Bumdes yang saat ini sedang digarap pemerintah pusat dan akan terus dikembangkan mudah-mudahan dapat membantu perekonomian masyarakat tertinggal. Melalui usaha berjualan bensin eceran setidaknya membuat standar satu harga bensin di Indonesia.
Demikian gambaran tentang prospek buka usaha kios SPBU Mini barangkali berminat untuk anda ketahui. Terima kasih
Load disqus comments

0 komentar