Rabu, 03 April 2019

Metal Spacer Komponen Elektronik

Salah satu komponen part elektronik pada papan PCB bernama metal spacer. Mur baut dengan ring panjang ini terbuat dari bahan metal, kuningan, besi, tembaga ada juga slobong dari plastik. Fungsi utamanya untuk menghalangi arus langsung dari elemen sehingga tidak terjadi konsleting.

Spacer ini sangat diperlukan terutama untuk modul PCB Elektronik dengan komponen yang harus mengangkang. Dengan adanya komponen spacer ini jadi ada ruang tanpa harus takut rusak komponen lain karena tertekan atau terlepas dari dudukannya.

Ukuran metal spaser PCB elektronik sangat beragam dari mulai 5mm, 1 cm, 1.5cm, 2 cm, 2.5 cm, hingga 3 cm tergantung kebutuhannya. Harga jual metal spacer di pasaran tergantung bahan dan ukuran. Standar jual Rp.1000 rupiah hingga Rp.3000,-. Barang ini diproduksi oleh pabrik khusus pembuat spacer dengan 3 item paket yaitu mur, baut kecil dan ring penyangga.

Pengaman kaki komponen kontak langsung konsleting SHORT ke Ground dapat menyebabkan perangkat seluruhnya tidak berfungsi. Perakit elektro modul PCB CPU pom mini digital menggunakan spacer untuk menyangga antara PCB dengan display agar stabil dari getaran atau goyangan. Bahannya sih murah dan terlihat sepele, namun memiliki peran penting dalam menjaga keawetan perangkat elektronik sehingga kaki display tidak akan patah.

Pada PCB Module CPU Pom Mini digital spacer digunakan untuk memasang pada bagian cashing box dengan membolong terlebih dahulu plat rangka tersebut. Ukuran spacer mur baut itu biasanya yang 3 cm. Selain itu pada PCB Pom Mini ada spacer untuk dudukan display untuk menopang di kaki yang satunya agar komponen display itu lebih kuat tidak hanya disangga oleh sebelah kaki saja, ukuran yang dipakai yang 20mm.
Daftar harga komponen Spicer Dudukan PCB Elektronik :
Spicer 1 cm Rp.1200,-
Spacer 1.5 cm Rp.1.500,-
Spacer 2 cm Rp. 2 ribu
Spacer besi 3x20mm Rp.2.000,-

Demikian kami sampaikan barang sederhana namun tergolong penting agar PCB terjaga baik dan juga terlihat bagus perangkat elektronik yang dibuat benar-benar kokoh.
Load disqus comments

0 komentar