Jumat, 13 September 2019

Buka Kios Bensin Pertamini Untungnya Tidak Mini

Punya kios warung bensin saat ini begitu menggiurkan karena untung dari laba penjualan BBM tersebut lumayan besar. Bagaimana tidak, produk yang dijual yaitu bensin itu tergolong kategori barang penting yang dikonsumsi setiap hari. Para pemilik kios bensin yang memiliki mesin pertamini ada yang telah jadi 'juragan minyak' dari usaha berjualan bensin tersebut. Bahkan ada yang punya usaha kios BBM Pertamini dengan cara bermitra dengan warung-warung kecil di tempat strategis dengan sistem bagi hasil.

Pengecer bensin yang berjualan jenis Pertamax, Premium, Solar maupun Pertalite di lokasi pedesaan yang jauh dari pom bensin Pertamina sangat membantu pemilik kendaraan yang sedang diperjalanan untuk mengisi tangki motor atau mobilnya sebelum sampai ke stasium pengisian bensin Pertamina. Kondisi seperti ini menjadi alasan mengapa buka kios Pertamini dapat untung tidak mini alias besar. Bahkan kita lihat di kota besar pun keberadaan pom mini sangat dibutuhkan ketika dalam keadaan macet dan bensin menipis.

Membeli bensin ketengan dari mesin Pertamini dengan harga lebih besar dari membeli di tempat SPBU terkadang tidak jadi perhitungan. Apalagi beli bensinya cuma satu atau dua liter berbeda seribu rupiah saja, daripada harus antri panjang di Pom Bensin ya mending di kios bensin eceran tanpa pegal karena antrian dan panas-panasan. Saat ini di kota-kota besar dan di beberapa wilayah begitu marak dan menjamurnya orang bisnis berjualan bensin eceran baik dengan botolan kaca / plastik, mesin pertamini manual, dan juga mesin digital pom mini alat praktis dan modern seperti halnya di Pom Bensin.

Perhitungan takaran yang sama di kios bensin eceran Pertamini seperti di SPBU itu sangat mempengaruhi daya tarik pembeli bensin di tempat tersebut. Terlebih di beberapa daerah terpencil nan jauh ada yang membuat Kios Bensin Pertamini secara permanen mirip Pom Bensin Pertamina. Keuntungan yang diperoleh dari margin per liter memang kecil Rp.1.000 atau lebih, namun bila omzet penjualannya itu banyak yang pasti untungnya pun besar pula.

Membuka kios bensin Pertamini berarti anda telah menjadi distributor penyalur bahan bakar dari Pertamina melalui Agen Stasiun Pengisian Bahan Bakar yang sudah punya pasokan khusus untuk setiap daerah atau wilayah. Sampai saat ini legalitas keberadaan penjual bensin eceran secara Undang-undang tidak ada masalah karena jangkauan SPBU Pertamina itu terbatas. Persoalan muncul ketika keamanan dari kios bensin mudah terbakar tersulut api, serta takaran yang melenceng dan tidak sesuai dengan yang tertera pada display.

Menghitung Selisih Keuntungan Berjualan Bensin Menggunakan Mesin Pertamini

Menghitung berapa laba dari hasil penjualan bensin eceran pertalite, pertamax, premium maupun solar di Kios Pertamini sangat mudah. Terlebih bila mesin pom mini model digital yang sudah diprogram sedemikian rupa menghitung jumlah pengeluaran, setting harga, dan memori kalkulasi harian atau mingguan.
Estimasi keuntungan dari 1 unit mesin pom mini dengan penjualan 100-150 liter setiap harinya.
Besar laba per liter Rp.1.200,-
Maka Keuntungan yang diperoleh per hari Rp.120.000,-
Penghasilan bulanan 30 x Rp.120.000 = Rp.3.600.000,-
Satu kios bensin perkiraan mendapat untung bersih setiap bulannya sekitar Rp.3.600.000,- (Tiga juta enam ratus ribu rupiah).
Bila saja kita memiliki 4 kios Pom Mini warung bensin eceran maka setiap bulan bisa meraih keuntungan sekitar Rp. 14.400.000,- (Empat belas juta empat ratus ribu rupiah).

Perhitungan hasil penjualan bensin tersebut dihitung minimal, dari pengalaman penulis sebagai pemilik Kios Pertamini Digital. Terkadang dalam sehari mencapai 210 liter bahkan lebih dari itu. Persentase pembeli antara mobil dan motor berdasarkan survei di tempat kami 70% Motor berbanding 30% mobil angkot dan preman.

Strategi Meningkatkan Omzet Pendapatan Kios Bensin Pertamini

Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan grafik penjualan yang berdampak pada naiknya penjualan bensin adalah sebagai berikut :
  1. Lokasi tempat yang strategis banyak dilalui kendaraan bermotor khususnya roda dua.
  2. Mesin pom mini digital dengan tampilan menarik.
  3. Eksterior bagian atap dan branding didesain secara menarik.
  4. Lahan parkir luas sehingga pembeli dapat berhenti leluasa.
  5. Tidak sering tutup
  6. Operator ramah terhadap pembeli
  7. Bila perlu berikan layanan service lain seperti disediakan rest area, toilet dll.
  8. Rawat mesin secara berkala dengan selalu cek terra meter.

Modal Pokok Kembali dari Keuntungan Bulanan

Melalui perhitungan di atas seluruh biaya untuk mesin 1 nozzle kios bensin, yang dikeluarkan dapat kembali modal di bulan ke 4 atau ke 5.  Perhitungan berdasarkan patokan harga pom mini digital dengan rangkaian teruji Rp.8.000.000,- On The Road tempat produksi Citra Karya Teknik.

Demikian kami sampaikan bahwa buka kios warung bensin Pertamini ternyata untungnya tidak mini. Anda dapat mencobanya pelan-pelan dan memperhitungkannya secara matang. Tips usaha dan saran buka pom mini : apabila meleset dari perkirakan sebaiknya buat juga plan cadangan di tempat yang berbeda. Semoga anda berhasil.
Load disqus comments

0 komentar