Minggu, 12 Januari 2020

Investasi Usaha Pom Mini BUMDES di Pedesaan

Seiring munculnya program pembangunan daerah dengan didirikannya Badan Usaha Milik Desa, maka diantara realisasi bisnis investasi yang jelas keuntungannya adalah berjualan bensin dengan mesin Pom Mini Digital. Nilai investasi usaha pom mini di Pedesaan tersebut telah terbukti meningkatkan tarap ekonomi masyarakat dari berjualan BBM dan atau membuat usaha perakitan pom mini di desa tersebut.

Keuntungan yang diperoleh dari mesin pertamini BUMDES dapat dikerjasamakan dengan pemilik warung yang strategis untuk berjualan bensin yang banyak dilalui kendaraan bermotor. Pihak Pemerintah Desa melalui BUMDES dapat membuat usaha pranchise mendirikan warung BBM Eceran dengan SPBU Pom Mini Digital. Hasil dari usaha tersebut tentu dapat dinikmati masyarakat secara langsung dan menambah pemasukan pendapatan Desa atau Kelurahan.

Peluang Usaha Pom Mini Bumdes

Daerah pedesaan di Indonesia yang begitu luas dan jarak ke SPBU Pertamina jauh membuat peluang keuntungan besar dari usaha POM MINI Bumdes karena sekarang jumlah kendaraan telah padat dan terus meningkat. Walaupun SPBU itu dekat tapi daripada masyarakat harus antri maka dengan adanya Pom Mini Bumdes membantu mereka dalam mendapatkan bahan bakar bensin Premium, Pertamax, Solar, atau Pertalite.

Kerjasama Pom Mini Bumdes dengan Masyarakat

Pemerintah Desa ataupun Kelurahan ada juga yang membuat program kerjasama bersama masyarakat dalam proposal usaha Pom Mini di daerah. Membuat warung bensin eceran dengan mesin Pertamini digital dengan wujud SPBU Pom Mini Bumdes adalah satu contoh program kerja usaha masyarakat yang dapat diterapkan oleh para kepala atau pemimpin daerah. Dengan modal usaha yang tidak begitu besar investasi ini sangat membantu tingkat perekonomian daerah.

Manfaat nyata dari hadirnya Pom Mini Bumdes dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan Pemerintah Desa di Kabupaten tersebut.
  1. Pembangunan usaha ini sangat gampang karena barang yang dijual ini cuma satu jenis yaitu Bahan Bakar Minyak (Bensin) yang begitu dibutuhkan setiap hari oleh para pemilik kendaraan bermotor.
  2. Laba dapat dihitung secara mudah dari setiap penjualan per liter bensin. Dengan alat mesin Pom Mini Digital kalkulasi dapat dihitung secara praktis menggunakan program khusus.
  3. SPBU Bumdes merekrut karyawan dan operator di wilayah masyarakat dan meningkatkan ekonomi penduduk warga tersebut.
  4. Penghasilan dari Pom Mini Bumdes dapat dikelola oleh Koperasi Desa, UMKM (Usaha mikro kecil menengah) atau Organsisasi Masyarakat Pedesaan untuk kemajuan daerah tesebut.

Standar Spesifikasi Model dan Type Mesin Pom Mini Bumdes

Anggaran dana dalam pembuatan Pom Mini Bumdes atau Pertashop milik Desa semestinya disesuaikan dengan spesifikasi mesin pom mini yang akan digunakan. Perencanaan biaya berkaitan pula dengan harga jual unit mesin pom mini yang dipesan dengan standar spek yang akan dipilih. Perlu diperlukan aspek berikut ini dalam pemilihan Spek Pom Mini Bumdes :
  • 1. Apabila penjualan bensin setiap harinya kurang dari 100 liter, maka spek pom mini yang dibutuhkan type flow sensor. dan bila penjualan lebih besar dari itu maka pom mini spek Assymeter yang harus dipilih.
  • 2. Apabila daerah di tersebut sering terjadi aliran listrik gangguan dan sering ngedrop maka spek pom mini perlu ditambah alat stabiliser dan inverter Acumulator agar saat listrik mati masih tetap bisa berjualan.
  • 3. Apabila konsumsi jenis bensin yang akan dijual diperlukan maka perlu mesin pom mini 1 nozzle, 2 nozzle dan 3 nozzle. Spesifikasi dan model harus dipesan terlebih dahulu kepada pihak pabrik perakitan yang telah terpercaya.
  • 4. Bila lahan untuk berjualan itu sempit maka spek pom mini bumdes yang perlu dipilih adalah model Portable dengan drum tersimpan di dalam rangka mesin tersebut.
Membangun stasiun pengisian bahan bakar minyak untuk kendaraan di pedesaan dengan program Pom Mini Bumdes ini membantu juga para pelaku bisnis transportasi dan masyarakat yang memiliki kendaran baik motor roda dua atau mobil roda empat.

Contoh Model Pom Mini Bumdes Sederhana

Koleksi foto di atas contoh model bangunan pom mini Bumdes yang dapat menjadi referensi untuk anda untuk memperkirakan luas lahan dan ukuran tempat usaha.


Demikian gambara untuk investasi usaha membuka Pom Mini Pertashop Bumdes yang begitu besar peluangnya untuk pembangunan ekonomi di Pedesaan. Asal manajerial pengelolaan benar dan para pelaku usaha itu bekerja dengan penuh amanah maka tentu hasil yang diperoleh pun akan berkah dan berfaedah.
Load disqus comments

0 komentar