Rabu, 08 April 2020

Sistem Kerja Alat Takar Mesin Pom Mini Digital

Alat penakar bensin pada mesin pom mini digital merupakan salah satu sparepart paling utama dan sangat penting karena tanpa itu mesin tidak dapat bekerja menghitung bensin yang keluar dari mulut nozzle. Display digital di bagian penunjuk hitung pada posisi baris tengah tidak akan terlihat berjalan. Hal itu terjadi karena sensor penghitung pada flow meter atau Fulser Assymeter tidak bekerja dengan baik.

Jenis-jenis alat takar pada sistem kerja mesin pom mini secara garis besar ada 2 macam, yaitu flow sensor dan Assy meter. Perbedaan dari komponen liquid meter ini terletak pada kemampuan hitung dan kapasitas menakar cairan yang melewati sparepart inti pertamini tersebut. Model serta type dari water flow sensor dan Asymeter pun banyak ragamnya ada Flow merk AICHI Japan, SEA China bahan kuningan dan plastik, Assymeter merk TPG, tipe Tatsuno, Gilbarco dan lain sebagainya.

Sistem kerja rangkaian mesin pom mini itu dimulai dari bensin yang disedot dari penampungan dan kemudian melewati alat takar bensin berupa komponen elektronik dengan kabel fulser ke rangkaian CPU fuel dispenser. Sementara cairan bensin baik itu pertalite, premium, solar, pertamax dan lain sebagainya mengalir melewati alat penakar dan kemudian keluar ke Nozzle Gun. Cara perakitan pom mini yang baik perlu memperhatikan part penakar bensin ini dari segi kemampuan dan kapasitas kekuatan alat.

Untuk mengetahui secara jelas ke dua macam Alat takar mesin pompa bensin dan cara kerja dari sparepart tersebut, maka perlu diketahui keterangan spesifikasi dan jenis barang di bawah ini :

Model Gambar Assymeter Pompa Bensin
Spesifikasi Assymeter
Berat barang sekitar 13 kg.
Dimensi ukuran 450mm x 280mm x 310mm
Model FM4
Adjustable Minimum Volum 5L ~ 90 L
Toleransi sekitar 07%
Akurasi takaran sekitar 2%
Harga jual Assymeter : Rp. 2.5 jutaan

Penjelasan : perlengkapan mesin pompa bensin spek Assymeter ini akan bekerja optimal bila rangkaian bawahannya ini disertai perangkat pendukung lainnya yaitu : Fulser, Selenoid dan pemasangan pompa hisap yang benar baik model sentripugal ataupun gearpump. Tidak mengherankan bila mesin pom bensin model Assymeter gear pump itu harganya selangit karena mesin dapat bekerja dengan kapasitas besar per menit dan akurasi takaran yang lebih pas dan tepat.

Model Gambar Flow Sensor Meter Pom Mini

Spesifikasi dan Jenis Model Flow Sensor 
Ukuran lingkar diameter : 1/2 inch dan 3/4 inch
Berat : 75, 90 dan 120 Gram
Merk : Aichi dan Sea.
Bahan : Plastik dan Kuningan
The lowest rated working voltage : DC4.5 5V-24V
Maximum operating current : 15 mA (DC 5V)
Working voltage range : DC 5~18 v
Load capacity : 10 mA (DC 5V)
Use temperature : 80 degree
Operating humidity range : 35%~90%RH (no frost)
Allowing pressure : pressure 1.2Mpa
Temperature : -25~+80 c
External threads : 1/2"
High amplitude 4.6V
Low amplitude 0.5V
Electric strength 1250V/min
Insulation resistance 100M
Hydrostatic pressure testing 2.0Mpa

Perbedaan antara flow sensor kuningan dan plastik terlihat pada keterangan spesifikasi yang tertulis pada keterangan kapasitas liter per menit; kuningan 40 L/M dan flow plastik 60 L/M. Kalibrasi mesin pom mini dengan flow sensor akan akurat dan tepat literannya apabila kekuatan pompa sesuai dengan kekuatan hitung alat penakar cairan tersebut.

Pada umumnya mesin pom mini dirakit dengan spesifikasi flow sensor meter dengan alasan rangkaian simpel ini dapat dijual jauh lebih murah ketimbang komponen rangkaian pompa bensin dengan alat takar Assymeter. Walaupun harga pom mini spek flow sensor itu murah namun bila sistem cara kerja perakitan sesuai dengan kemampuan komponen maka akurasi takaran serta kalibrasi perhitungan bensin yang keluar itu bisa tepat dan akurat.

Apabila anda bermaksud ingin menjadi teknisi atau belajar merakit mesin pom mini dengan sistem alat takar spek standar flow sensor maka kontak CS di bawah siap membantu anda dalam berkreasi membuat sendiri pom mini. Kami menjual seluruh komponen peralatan dan akan memandu anda dalam teknis instalasi bawahan pompa dan juga instalasi perangkat electronic nya.

Demikian semoga Citra Karya Teknik senantiasa membantu dalam pengembangan bisnis kreatif di Nusantara baik usaha perseorangan maupun kelompok. Semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar